sunat bayi perempuan dalam islam

Benarkah Ada Anjuran Sunat Perempuan Dalam Islam

Sunat perempuan dalam islam memang masih menimbulkan perdebatan dari berbagai kalangan. Pada masyarakat umum sendiri sunat perempuan juga masih menjadi polemik karena bisa mencederai organ intim perempuan yaitu vulva. Padahal sunat perempuan tidak banyak yang tahu jika memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Menurut dr. Valleria, SpOG, seorang dokter kebidanan dan juga kandungan mengungkapkan jika sunat perempuan bermanfaat untuk mencegah penumpukan smegma atau kotoran berwarna putih pada klitoris. Karena hal inilah maka sunat perempuan baik untuk tujuan medis dan juga kebersihan.

Selain itu, tindakan sunat perempuan dengan kegiatan Female Genital Mutilation juga berbeda. Female Genital Mutilation adalah kondisi menghilangkan secara total organ genital eksternal pada wanita. Sedangkan sunat perempuan hanya menggores kulit yang menutup bagian depan klitoris menggunakan alat medis steril tanpa perlu melukai bagian klitorianya.

Melihat Manfaat Sunat Perempuan

Sunat bayi

Melansir Healthline (2021), sunat perempuan juga memiliki manfaat lain yaitu untuk mengontrol gairah seksual pada wanita saat masih muda. Kemudian untuk wanita yang sudah menikah, sunat perempuan bermanfaat untuk mempermudah mencapai orgasme saat melakukan hubungan suami istri.

Dari segi estetika, sunat perempuan juga membuat area genital pada wanita cenderung lebih menarik. Kondisi ini tentunya menjadi daya tarik dan bisa meningkatkan kepuasan seksual pada pasangan mereka. Dalam sebuah penelitian di Inggris, wanita yang memiliki bagian klitoris terbuka karena tindakan hoodectomy akan meningkatkan kepuasan seksual mencapai lebih dari 97% daripada yang tidak.

Kontroversi dari tindakan sunat perempuan adalah pasca tindakan medis yang wanita jalani. Namun sebenarnya efek negatif dari sunat perempuan bisa diminimalisir dengan tindakan asepsis dan juga obat-obatan. Sebaiknya tindakan sunat juga oleh dokter profesional untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

Sunat perempuan dalam Islam

Jika dalam agama Islam, khitan pada laki-laki adalah wajib. Maka pada perempuan, hingga kini masih mendapat pro-kontra termasuk menurut pandangan ulama. Misalnya ada ulama yang berpendapat jika khitan hanya wajib untuk laki-laki, sementara tidak pada perempuan.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, jika “Sayatlah sedikit dan jangan berlebihan, karena hal ini bisa bermanfaat untuk dirinya dan juga menyenangkan hati suaminya”.

Berdasarkan hadis tersebut sebenarnya sudah terdapat penjelasan jika sunat perempuan dalam islam hanya sedikit dan jangan sampai menyakitinya. Tentunya ini berbeda dengan laki-laki yang bertujuan untuk kesucian dan kebersihan diri. Pada wanita sunat perempuan dalam Islam merupakan bentuk kemuliaan.

Karena itulah tindakan sunat pada perempuan tidak wajib. Namun sebagian ulama juga berpendapat jika tindakan ini bisa kembali pada budaya masing-masing. Apakah pada budaya masyarakat tertentu mewajibkan ataupun sebaliknya.

Tindakan sunat pada wanita tidak menjadi kewajiban apalagi jika sudah dewasa. Berbeda dengan laki-laki yang tetap wajib menjalani tindakan sunat meskipun sudah dewasa. Memang tindakan khitan sendiri baik untuk laki-laki maupun perempuan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hubungan suami dan istri.

Berikut beberapa manfaat sunat perempuan dalam Islam: 

  1. Mengikuti anjuran sunnah Rasul

Tindakan khitan adalah sunnah sesuai anjuran Rasulullah SAW, baik untuk seorang muslim maupun muslimah sesuai dengan contoh pengikutnya terdahulu.

  1. Merupakan hal yang fitrah

Hal ini merupakan fitrah yang sudah Allah SWT turunkan kepada tiap wanita.

  1. Mendapatkan kemuliaan untuk dirinya

Tindakan sunat perempuan merupakan kemuliaan sesuai ajaran Rasulullah SAW. Untuk itu kemuliaan ini hendaknya orang tua dukung sejak masih kecil dan sebaiknya sebelum anak perempuan belum baligh. Karena ketika dewasa tindakan sunat perempuan malah akan menyakiti perempuan.

  1. Bermanfaat untuk kesehatan

Sunat perempuan sendiri memiliki manfaat dan tujuan salah satunya untuk kesehatan. Misalnya untuk mencegah penumpukan kotoran pada klitoris. Tentunya setiap perintah Allah SWT sejatinya memiliki tujuan yang baik, seperti sunat perempuan.

Sebaiknya saat orang tua ingin melakukan tindakan medis sunat perempuan, pilihlah tempat yang memiliki kualitas terbaik dan juga dokter berpengalaman. Salah satu tempat yang banyak orang tua pilih untuk menjalani tindakan sunat perempuan saat masih balita adalah Klinik Rumah Sunatan dr Mahdian.

Klinik Rumah Sunatan dr Mahdian memiliki fasilitas layanan sunat perempuan. Selain itu Klinik Rumah Sunatan dr Mahdian juga hadir lebih dekat dengan 30 cabang yang tersebar se-Indonesia. Dokter berpengalaman dan juga teknologi yang canggih menjadikan Klinik Rumah Sunatan dr Mahdian menjadi pilihan pertama banyak orang tua.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang