Dalam agama Islam, khitan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Tantangan selanjutnya bagaimana dengan anak yang berkebutuhan khusus? Menunaikan kewajiban agam tentu penting bagi umat Muslim. Akan tetapi kondisi ini bukan perkara mudah.

Pada anak berkebutuhan khusus, terutama penyandang autisme atau ADHD (gangguan perilaku dan pemusatan perhatian), umumnya anak tidak bisa diminta tenang. Padahal, jika anak terus bergerak, risiko tindakan khitan pada anak tersebut menjadi lebih berat. “Bisa saja nanti penisnya tergores gunting atau pisau karena anak berontak dan tidak tenang,” kata Dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, pendiri Rumah Sunatan atau dikenal sebagai Rumah Sunat Dr Mahdian.

Dokter Mahdian menjelaskan, Rumah Sunatan sebagai jaringan klinik khitanterbesar di Indonesia dan setidaknya sudah memiliki 40 cabang klinik khitan.  Memiliki pengalaman menangani anak berkebutuhan khusus tersebut. “Anak berkebutuhan khusus yang tidak bisa tenang harus diberi teratment khusus seperti obat tidur sehingga mereka mengantuk dan bisa tenang saat akan diberi anestesi,” jelas Dr Mahdian.

Meski saat ini berkembang teknik sunat menggunakan Mahdian Klem yang memiliki banyak keunggulan, metode ini tidak cocok untuk anak autisme. Pada metode klem, kulup penis akan dijepit dengan suatu alat sekali pakai, kemudian dipotong dengan pisau bedah. Metode ini tidak membutuhkan jahitan, tetapi klem harus terus menempel di penis sekitar satu minggu. “Anak autisme biasanya tidak bisa melihat benda-benda asing. Kalau dia melihat klem pada penisnya bisa langsung ditarik,” tambahnya.

Menurut Dokter Mahdian, sudah banyak ditemui kasus anak autis yang menarik klemnya sampai copot. Untuk itu metode sunatnya yang kami lebih sarankan adalah dengan cara konvensional yang dijahit. Dokter-dokter Rumah Sunat Dr Mahdian, terampil melakukan semua tindakan khitan, baik dengan metode konvensional, klem, radiofrekuensi, hingga yang terbaru saat ini adalah metode Gun Stapler. Teknologi anatesi tanpa jarum suntik, yang di miliki Rumah Sunatan juga bisa menjadi salah satu hal yang baik di coba untuk mereka anak berkebutuhan khusus. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Careline kami. Terima kasih.

INFORMASI LEBIH LANJUT :

Whatsapp Layanan Khitan di Rumah :

Telpon (Hunting) :

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang