Menimbang Alasan Melakukan Sunat Bayi

Sunat bayi biasanya dilakukan karena alasan medis.

Prosedur sunat ialah membuang kulup atau kulit yang menutupi kepala penis. Setelah masa bayi berlalu, kulup secara otomatis akan tertarik, tetapi mungkin tidak sepenuhnya sampai mereka mencapai usia pubertas.

Balanitis dan fimosis adalah dua kondisi medis yang menjadi alasan sunat dilakukan saat bayi. Tindakan sunat memang harus diambil karena pada balanitis terjadi pembengkakan dan rasa nyeri akibat adanya  iritasi pada kulit dan kepala penis. Bayi yang mengalami fimosis, ketika kulup penis melekat kencang pada kepala penis sehingga tidak dapat ditarik ke belakang melewati kepala penis.

Selain karena medis, bagi orangtua yang memang ingin menyegerakan sunat pada anak sedini mungkin juga dapat dilakukan, namun sebelum Anda memutuskan hal tersebut, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Ada beberapa metode sunat yang dapat digunakan salah satunya adalah sunat klem. Klem sunat yang biasanya digunakan adalah Mahdian klem karena memiliki berbagai ukuran. Sunat dengan metode klem ini dinilai memiliki risiko yang lebih minimal dibandingkan dengan metode sunat tradisional dan sunat laser.

Kapan sebaiknya sunat bayi dilakukan?

Dalam Islam, beberapa ulama memiliki pendapat yang berbeda mengenai waktu tepat untuk melakukan sunat pada anak bayi.

Menurut Syaikh Abdullah Al-Jibrin rahimahullah, sebagian orang memilih melakukan sunat ketika hari lahir, ada juga pendapat ketika berusia tujuh hari dan jika ingin ditunda maka pada hari ke-40. Namun, jika orangtua masih ingin menunda lagi maka saat berusia tujuh tahun yaitu umur diperintahkan agar melaksanakan shalat karena salah satu syarat shalat adalah thaharah (suci). Dan hal ini tidak sempurna kecuali dengan berkhitan.

Ia juga berpendapat dengan melakukan sunat segara mungkin atau ketika anak masih kecil.  Hal ini bertujuan karena masih lunaknya kulit dan mudah untuk dipotong. Selain itu juga lebih mudah diobati dan luka lebih cepat sembuh.

 

Rumah Sunat dr. Mahdian adalah klinik khusus sunat yang memiliki layanan sunat untuk semua usia. Mulai dari usia bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa. Dengan jaringan klinik terbesar di seluruh wilayah Indonesia. Didukung oleh dokter sunat yang profesional dan dibantu oleh perawat berpengalaman, menggunakan peralatan sunat satu kali pakai untuk mencegah risiko kontaminasi silang bakteri dan virus penyakit.

Saat ini Rumah Sunat dr. Mahdian telah membuka layanan Sunat di Rumah yang memungkinkan orangtua dan pasien tidak lagi perlu datang ke klinik dan antre.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang