Anak Berkebutuhan Khusus Disunat, Bagaimana Penanganannya?

Anak disunat merupakan momen satu kali seumur hidup. Oleh sebab itu, sebelum disunat orangtua perlu mencari banyak informasi mengenai sunat, dari tempat sunat, biaya sunat sampai metode sunat. Penanganan sunat setiap orang berbeda sesuai dengan usia atau kondisi mereka. Lalu, bagaimana dengan anak berkebutuhan khusus yang mau disunat?

Anak berkebutuhan khusus yang akan disunat penanganannya akan berbeda dengan anak lainnya. Diperlukan pendekatan, teknik dan metode khusus.

Penting memahami karakteristik anak berkebutuhan khusus sehingga dapat dipilih metode khitan yang sesuai.

Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus di sini misalnya adalah autisme atau ADHD. Autisme adalah kondisi gangguan perkembangan saraf karena ada masalah pada perkembangan otak anak. Autisme ditandai dengan kesulitan dalam bersosialisasi, berkomunikasi dan perilaku.

Sedangkan anak berkebutuhan khusus berupa gangguan pemusatan perhatian (ADHD atau hiperaktif) adalah gangguan tingkah laku yang disebabkan gangguan saraf. Anak dengan ADHD umumnya tidak mampu memusatkan perhatian. Orang melihatnya sebagai anak yang tidak bisa diam dan sulit berkonsentrasi.

Jika dilihat dari karakteristiknya, ada persamaan bahwa pada kondisi tersebut, sulit untuk membuat anak diam dan tenang sehingga sulit diajak bekerjasama. Padahal anak yang disunat perlu untuk tenang agar proses sunat lancar dan menghindari risiko yang tidak diinginkan.

Persiapan Sunat Anak Berkebutuhan Khusus

Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan sunat pada anak berkebutuhan khusus. Agar orangtua nyaman, sebaiknya lakukan langkah berikut:

  1. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang akan melakukan sunat. Sampaikan riwayat kondisi kesehatan anak secara lengkap, baik itu kondisi umum kesehatannya, kondisi psikologisnya maupun kondisi khusus di area genitalnya.
  2. Bawalah anak bertemu dokter untuk membantu mendiagnosis lengkap kondisinya dan membangun “chemistry” sang putra dengan tim sunat dan lingkungan sunatnya.
  3. Tanyakan informasi berbagai teknik sunat yang dapat dilakukan
  4. Bila sudah disepakati, pilihlah waktu yang tepat untuk dilakukan sunat agar hasilnya optimal.

Layanan Sunat Anak Berkebutuhan Khusus

Dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus ini, Rumah Sunat dr, Mahdian menyediakan layanan yang didedikasikan untuk anak berkebutuhan khusus. Penanganan yang dilakukan akan berbeda. Selain itu, dokter dan perawat memiliki pengalaman dalam menangani anak dengan kebutuhan khusus. Oleh karenanya orangtua tidak perlu khawatir ketika anak disunat.

Sunat untuk anak berkebutuhan khusus dapat dilakukan di klinik Rumah Sunat dr. Mahdian ataupun menggunakan layanan sunat di rumah. Dalam kondisi seperti saat ini yang mengharuskan melakukan pembatasan kegiatan di luar rumah, menggunakan layanan sunat di rumah dapat menjadi salah satu solusi bagi orangtua yang menginginkan sang anak disunat.

Kelebihan layanan sunat di rumah ini, selain tanpa antre, anak lebih nyaman, sunat panggilan ke rumah ini baik dokter dan perawatnya dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD).

 

Dengan melakukan persiapan yang matang, kesiapan dari sang anak, keluarga bahkan tim medis, proses sunat untuk anak berkebutuhan khusus diharapkan dapat berjalan lancar. Lakukan yang terbaik untuk menghindari kemungkinan risiko, ingatlah anak disunat hanya untuk satu kali seumur hidupnya.

 

Sebagaimana karakter anak-anak yang akan menceritakan segala pengalaman mereka. Jadikan momen anak disunat menjadi momen yang berkesan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang