Apa Itu Sunat Bogem?

Sunat bogem mungkin untuk masyarakat daerah Jogjakara dan sekitarnya sudah tidak asing lagi bukan? Ya, sunat bogem merupakan salah satu tempat sunat yang sudah ada cukup lama dan dilakukan secara turun temurun. Pendirinya merupakan seorang mantri dan saat ini keturunannya lah yang melanjutkan. Lalu apa yang membedakan sunat atau khitan jenis ini dengan yang lainnya?

Proses Sunat Bogem

Menurut sang pemilik sebelum melakukan sunat ada ritual sendiri, yaitu anak-anak itu akan diberi kesempatan foto bersama keluarga masing-masing dengan latar belakang interior Bogem, yang hasilnya dapat diambil setelah proses sunat selesai. Ketika ditanya mengenai fungsi dari proses tersebut, rasa kebanggaan jadi alasan.

Selanjutnya, ketika proses sunatan berlangsung, keluarga yang mendampingi tidak boleh ikut masuk ke dalam ruang sunat dan harus menunggu di luar ruangan.

Pilihan Metode Sunat Selain Bogem

Di Indonesia punya banyak jenis sunat, salah satunya sunat supit bogem ini. Selain itu, ada juga sunat klem, stapler dan laser. Setiap jenisnya tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui informasi metode sunat tersebut.

Jenis Sunat Modern
1.Laser

Alat sunat laser saat ini sudah mampu menggantikan alat sunat tradisional. Penggunaannya pun ternyata lebih nyaman dan minim risiko daripada yang tradisional. Sayangnya, istilah sunat laser ini, dulu masih keliru. Alat laser yang digunakan sebenarnya adalah electric cauter bukanlah laser.

Berbeda dengan electric cauter, sunat laser dengan teknologi Optical Maser ini tidak menimbulkan rasa panas dan juga luka bakar. Selain itu, memiliki waktu tindakan yang singkat hanya 3 menit, risiko minimal, dan proses penyembuhan yang cepat. Hadirnya metode sunat modern bisa menjadi solusi sehingga bisa melakukan sunat kapanpun dan tidak mengganggu aktivitas.

Teknologi Maser (Microwave Amplification by the Stimulated Emission of Radiation) sendiri merupakan sebuah alat untuk menghasilkan gelombang elektromagnetik yang koheren, melalui penguatan oleh emisi terstimulasi.

Alat sunat laser modern ini sangat aman dan hanya membutuhkan waktu 3 menit saja. Selain itu metode ini memiliki risiko pendarahan, luka bakar yang minimal serta tidak merusak jaringan. Laser ini tidak menyebabkan inflamasi karena memotong (kulit) sangat presisi di tempat jatuhnya sinar dan tidak menimbulkan rasa sakit. Penyembuhannya juga hanya 3-5 hari, setelah itu anak sudah bisa beraktivitas normal.

2. Mahdian Klem

Siapa yang tidak mengenal Mahdian Klem? Metode sunat modern pertama karya anak bangsa yang tanpa jahitan dan tanpa perban.

Dunia sirkumsisi mengalami kemajuan perihal metode sunat yang digunakan. Jika sebelumnya sunat masih perlu jahitan, perban dan tidak bisa langsung beraktivitas apalagi mandi, kini tidak lagi.

Berikut ini adalah keunggulan lain dari metode sunat Mahdian Klem, yaitu:

  • Sistem sekrup pengunci dan pelindung klem yang lebih kuat
  • Tanpa jarum suntik dan perban
  • Proses tindakan relatif cepat
  • Minim risiko perdarahan
  • Penyembuhan lebih cepat dan bisa langsung beraktivitas
  • Menggunakan peralatan sunat yang terjamin steril

Jika Ayah Bunda masih bingung mau pilih metode apa, silakan lakukan konsultasi dengan dokter lebih dulu.

Tentang Rumah Sunat dr. Mahdian

Rumah Sunat dr. Mahdian merupakan klinik sunat yang menjadi pelopor metode khitan modern di Indonesia. Telah berdiri sejak tahun 2006 dan telah menangani lebih dari 1 juta pasien yang ditangani oleh dokter berpengalaman.

Tidak hanya melayani sunat anak saja, tapi juga melayanan sunat dewasa dan sunat dengan kondisi khusus seperti kegemukan dan anak berkebutuhan khusus. Saat ini, Rumah Sunat dr. Mahdian telah memiliki lebih dari 30 cabang di Indonesia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang