manfaat khitan

Balanitis Adalah Kondisi Penis Meradang

Balanitis adalah penyakit yang menyerang anak-anak hingga pria dewasa. Siapa saja berpotensi terserang penyakit ini jika tidak menjaga kebersihan alat kelamin dengan benar. Pada orang dewasa, balanitis terjadi karena ia belum melakukan sunat. Oleh karena itu, sunat dianjurkan untuk dilakukan oleh siapa saja. Berikut adalah informasi mengenai balanitis yang perlu Anda ketahui.

Balanitis Adalah…

Balanitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada bagian kepala penis pria. Penyebabnya adalah nfeksi bakteri karena kebersihan penis yang kurang terjaga. Ciri-ciri yang paling mudah adalah warna kepala penis yang memerah dan muncul rasa perih.

Kondisi ini  bisa menyerang siapa saja. Namun, anak-anak usia  kurang dari 4 tahun dan orang dewasa yang belum melakukan sunat memiliki risiko lebih tinggi untuk terserang kondisi ini.  Hal ini karena kulit kepala penis yang belum sunat sulit untuk membersihkannya. 

Penyebab Balanitis Adalah..

Penyebabnya yang utama adalah infeksi bakteri dan jamur. Namun, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya kondisi ini. Berikut adalah beberapa penyebab penis meradang selain infeksi:

  • Menggunakan jenis sabun yang membuat kulit kering sehingga penis mudah iritasi
  • Alergi terhadap salah satu bahan di dalam pelumas atau kondom dengan bahan lateks
  • Obat-obatan tertentu, seperti obat pereda nyeri, obat pencahar, dan antibiotik
  • Penyakit sifilis, trikomoniasis, dan gonore
  • eksim dan psoriasis
  • Terjadi cedera di bagian kepala penis
  • Penyakit diabetes dan fimosis
  • Obesitas

Gejala Balanitis

Gejala awalnya adalah dengan munculnya pembengkakan kepala penis. Pembengkakan ini kemudian muncil  warna kemerahan dan rasa nyeri yang mengikutinya. Pembengkakan akan menekan saluran kemih sehingga penderitanya akan merasakan nyeri saat buang air kecil. Selain itu, ada beberapa gejala lain yang mungkin penderitanya rasakan, yaitu sebagai berikut:

  • Kepala penis terasa gatal dan terbakar
  • Muncul cairan berwarna kuning dengan bau tidak sedap dari penis
  • Kepala penis terasa kencang karena bengkak
  • Terjadi benjolan di pangkal paha karena pembengkakan kelenjar getah bening

Pengobatan

Kondisi ini  dapat sembuh dengan terapi obat secara teratur. Jenis obatnya bergantung pada penyebab timbulnya balanitis. Ada 3 obat utama yang sering dipakai dalam pengobatan balanitis, yaitu antijamur, antibiotik, dan kortikosteroid.

Obat antijamur untuk mengobati balanitis yang penyebabnya adalah infeksi jamur. Antijamur biasanya dalam bentuk krim atau tablet. Antibiotik dalam pengobatan balanitis yang penyebabnya adalah infeksi bakteri. Penggunaan antibiotik harus sesuai dengan resep dokter. Kortikosteroid  untuk meredakan peradangan dan rasa nyeri yang muncul pada kondisi balanitis.

Pencegahan 

Untuk mencegah timbulnya kondisi ini adalah kita harus selalu menjaga kebersihan area alat kelamin. Terutama pada anak-anak, kebiasaan menjaga kebersihan harus dikenalkan sejak dini. Untuk orang dewasa, sunat harus segera dilakukan supaya tidak terjadi saat usia dewasa.

Upaya menjaga kebersihan alat kelamin dapat dilakukan dengan selalu mencuci penis dengan sabun yang lembut. Sabun dengan bahan yang keras dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, jika alergi terhadap bahan tertentu dalam pelumas dan kondom, pilihlah produk yang tidak mengandung bahan penyebab alergi tersebut.

Balanitis memang salah satu penyakit umum yang wajar terjadi pada pria. Namun, jika dibiarkan penyakit ini bisa mengganggu kegiatan sehari-hari karena rasa nyeri yang ditimbulkannya. Jika gejala balanitis mulai muncul, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan obat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang