manfaat khitan

Mengenal Profesi Tukang Sunat dan Dokter Sunat di Indonesia

Tukang sunat adalah profesi tradisional di Indonesia. Mendekati waktu liburan, biasanya banyak orangtua mengajak anak mereka pergi berlibur atau untuk anak laki-laki umumnya akan menjalani tradisi sunat. Tindakan sunat memerlukan proses penyembuhan selama beberapa hari. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa banyak orang tua memilih waktu liburan sekolah untuk mengajak anak mereka sunat.

Tukang Sunat Bengkong

Tukang sunat bengkong adalah metode tradisional yang masih dipilih masyarakat Indonesia. Masyarakat umumnya memilih metode sunat bengkong karena harganya yang lebih ekonomis. Namun dari segi penyembuhan akan lebih memakan waktu dan keamanan masih kurang.

Metode sunat tradisional oleh tukang sunat bengkong memakan waktu sekitar 15 – 30 menit dan tanpa bantuan obat bius. Peralatannya pun masih cukup sederhana, tukang sunat hanya menggunakan penjepit dan juga pisau untuk melakukan tindakan sunat.

Perbedaan Tukang Sunat dengan Dokter

Tukang sunat bengkong melakukan tindakan sunat dengan cara sederhana, seperti melakukan sunat, tanpa menggunakan bius, gunting, jahit dan umumnya tanpa menutup luka. Sedangkan, pada sunat medis yang bertanggung jawab atas tindakan tersebut adalah dokter anak, dokter keluarga, dokter ahli bedah ataupun dokter ahli urologi.

Pada tindakan sunat modern dengan tahapan medis, dokter akan menyuntikan bius pada area sekitar penis untuk membuat penis mati rasa. Kemudian, dokter akan melakukan tindakan sunat sesuai prosedur dan teknik yang pasien tentukan.

Baca Juga: Siapa Sih Dokter Sunat Itu?

Proses Penyembuhan Pasca-Sunat Lebih Lama

Proses sunat tradisional dengan tukang sunat bengkong akan memakan waktu lebih lama daripada sunat medis modern. Namun faktor lain juga bisa menjadi penentu proses penyembuhan pasca sunat yang lebih cepat. Misalnya pada pasien sunat anak-anak atau bayi baru lahir, rata-rata proses penyembuhan memakan waktu 7 sampai 10 hari.

Jika proses penyembuhan terasa lumayan lama, sebaiknya pasien segera berkonsultasi dengan dokter. Begitu juga ketika muncul infeksi seperti demam, luka kemerahan pada penis, pembengkakan atau keluarnya darah pada penis yang berkelanjutan. Konsultasi dengan dokter ataupun tenaga medis profesional bisa membantu pasien mengetahui tindakan yang tepat.

Rekomendasi Dokter Sunat

Sunat adalah momen penting bagi seorang laki-laki menuju proses pendewasaan. Untuk menyempurnakan hal tersebut maka memilih tempat sunat terbaik adalah hal yang sangat penting. Rumah Sunat dr. Mahdian adalah klinik yang menyediakan metode sunat terbaik dan terpercaya.

Rumah Sunat dr. Mahdian sudah berpengalaman sebagai klinik sunat modern yang banyak menjadi pilihan masyarakat di Indonesia. Rumah Sunat dr. Mahdian sudah berpengalaman menangani pasien sunat anak-anak hingga dewasa sejak tahun 2006. Saat ini, sunat tidak hanya bisa dilakukan di klinik tapi juga bisa melakukannya di rumah. Layanan Sunat di Rumah tersedia di Rumah Sunat dr. Mahdian khusus wilayah Jabodetabek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang