Ini Dia 5 Olahraga yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Anak!

Olahraga anak menjadi salah aktivitas yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi Kesehatan mereka loh, Bunda. Mengutip dari artikel dari Novak Djokovic Foundation (2015) menyebutkan bahwa olahraga pada masa kanak-kanak dapat berkontribusi besar dalam perkembangan fisik sekaligus mental anak.

Selain itu, olahraga juga menjadi sarana yang baik bagi anak untuk berlatih mengenai kerja sama dalam tim, menemukan teman baru, belajar bertanggung jawab. Bahkan, beberapa olahraga dapat mengajarkan anak untuk bagaimana bersikap saat menerima kekalahan dan kemenangan. Namun, tidak semua olahraga baik untuk dilakukan oleh anak-anak. Lalu, olahraga seperti apa sih yang cocok dan baik bagi pekembangan anak kita? Yuk simak selengkapnya di dalam artikel ini! 

Baca juga: Tanda Kamu Sudah Menjalani Peran Sebagai OrangTua Dengan Baik

5 olahraga anak yang baik bagi pertumbuhan

Kehidupan modern yang serba mudah membuat banyak orang menjadi malas bergerak. Apalagi, semenjak adanya COVID-19 membuat semua aktivitas dilakukan dari rumah, termasuk sekolah. Nah, kehidupan seperti ini sangat rentan sekali mengundang banyak penyakit. Apalagi, saat ini terjadi peningkatan kasus anak yang menderita penyakit mematikan pada usia yang sangat muda. Alasan utama terjadinya fenomena ini adalah karena kurangnya menerapkan gaya hidup sehat. 

Oleh karena itu, mengajarkan anak untuk menyukai olahraga sejak dini dapat membantu mereka untuk menjalani hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit mematikan. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang cocok dan baik untuk tumbuh kembang anak-anak!

Sepak bola 

Jenis olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang paling populer di kalangan anak Indonesia. Selain mengajarkan anak untuk bekerja sama dalam tim, sepak bola juga memiliki berbagai macam manfaat. Salah satu manfaatnya adalah melatih kedisiplinan. Terlebih, sepak bola juga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang fisik dari anak. Salah satu manfaatnya adalah melatih kekuatan otot, fleksibilitas, daya tahan jantung atau kardiovaskular, meningkatkan ketangkasan, keseimbangan, serta kesehatan jantung. 

Berenang 

Tak hanya sepak bola, salah satu olahraga yang anak-anak sukai adalah berenang. Berenang sangat baik untuk mengatasi rasa takut ketinggian dan juga ketakutan anak pada air. Selain itu, berenang juga dapat membantu mengembangkan kemampuan anak secara tunggal tanpa harus bersaing dengan siapapun. Dari segi fisik, berenang juga sangat bermanfaat bagi anak-anak, loh Moms. Salah satunya adalah meningkatkan kekuatan paru-paru dan meningkatkan kekuatan otot. 

Bersepeda

Sepeda menjadi salah satu alat mobilitas yang hampir semua anak-anak miliki, termasuk anak kamu kan, Moms? Tak hanya dijadikan alat mobilitas, bersepeda rutin juga punya berbagai macam manfaat, loh. Salah satunya adalah menanamkan rasa kebebasan juga kemandirian. Selain itu dari segi fisik, bersepeda juga dapat meningkatkan kekuatan otot kaki, meningkatkan keseimbangan, mengontrol berat badan anak, dan memperkuat fungsi jantung. 

Skating 

Meskipun olahraga jenis ini sedikit lebih mahal dari olahraga jenis lainnya, namun bermain sepatu roda atau skating ini mulai kembali populer, loh. Bahkan, ada beberapa professional yang mengajarkan skating menjadi olahraga yang terstruktur. Skating ini juga ternyata sangat bagus untuk anak-anak lakukan. Hal ini karena, skating memiliki berbagai macam manfaat bagi tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah melatih kesabaran, mendorong koordinasi refleks dan meningkatkan kelincahan. Selain itu, skating juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan kekuatan otot kaki. 

Basket 

Salah satu olahraga yang dapat membuat anak aktif secara fisik dan sosial adalah bermain basket. Jika Moms memiliki anak yang sedikit pemalu, maka tidak ada salahnya untuk mulai melibatkan dia dalam olahraga basket bersama teman-temannya. Hal ini karena, permainan basket sendiri dapat membuat anak-anak belajar bekerjasama dalam tim. Selain itu, basket juga sangat baik untuk meningkatkan pemikiran menjadi lebih tajam, melatih refleks, kelincahan, dan sangat baik untuk kesehatan jantung. 

Nah, itu dia beberapa olahraga yang bagus untuk perkembangan anak secara fisik maupun mental. Kira-kira, Moms akan memilih olahraga yang mana untuk si kecil nanti? Jangan lupa share artikel ini kepada Moms-moms lainnya, ya! 

Baca Juga: Orangtua Perlu Mengetahui Dampak Negatif Menakuti Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang