Pengalaman Sunat di Rumah Lebih Praktis, Begini Kata Para Artis

Pengalaman sunat adalah yang paling tak terlupakan bagi setiap laki-laki karena hanya dilakukan satu kali seumur hidup.  Pelaku sunat paling banyak adalah pemeluk agama Islam, namun, saat ini sunat tak hanya dilakukan karena alasan agama saja tapi juga kesehatan.

Siapa yang masih ingat pengalaman sunat saat masih kecil? Metode sunat apa yang digunakan, di mana sunatnya, siapa praktisi sunat dan bagaiamana rasanya, apakah Anda masih mengingat itu semua?

Nah, untuk mengingat kembali atau membandingkan, kali ini ada cerita dari para artis Indonesia tentang pengalaman sunat sang anak.

Metode Sunat Modern

Pertama adalah tentang metode sunat. Tahukah Anda, pada tahun 1980-an,alat  sunat masih menggunakan peralatan tradisional berupa bambu atau pisau. Anak akan berbaring dan dipegangi erat-erat. Kulup pada penis kemudian ditarik dan ditandai untuk menunjukkan seberapa yang akan dipotong. Setelah itu kulup ditarik kembali ke depan hingga si anak berteriak, kemudian mulailah proses sunat.

Seiringnya berjalannya waktu dan kemajuan teknologi, alat sunat tradisional mulai perlahan berkurang penggunaannya dengan alasan keamanan dan kebersihan. Kemudian, muncul lah metode sunat konvensional yang menggunakan gunting atau pisau bedah, berlanjut dengan hadirnya electric cauter. Keduanya, juga mulai perlahan ditinggalkan dan diganti dengan metode sunat modern, yaitu klem dan stapler.

Kebanyakan orangtua akan menggunakan metode sunat klem untuk sang anak. Hal ini tentunya berdasarkan beberapa perimbangan dan rekomendasi dari berbagai pihak. Seperti organisasi kesehatan dunia (WHO) yang merekomendasikan penggunakan metode klem karena aman.

Perubahan metode sunat yang dulu dan sekarang pun cukup mengejutkan beberapa pihak, seperti keluarga Epy Kusnandar.

“Jadi tuh, kita sekeluarga sama kakek dan nenek kaget pas liat langsung proses sunatnya. Ternyata zaman udah beda ya. Dulu mah metode sunatnya keliatan serem sekarang enggak. Anaknya juga pas disunat tadi seneng-seneng aja, sambil main games, sambil ngobrol,” tutur Epy.

Berbeda dengan metode konvensional dan electric cauter yang masih perlu diperban dan dijahit, penggunaan metode klem ini bebas jahit, bebas perban, minim risiko, sehabis sunat bisa langsung aktivitas bahkan mandi.

Pemberian Anastesi

Siapa yang takut dengan jarum suntik?Baik, anak- anak dan dewasa pasti ada yang takut dengan alat satu ini, bukan?  Prosedur sunat tak terlepas dengan pemberian anastesi atau bius yang biasanya menggunakan jarum suntik.

Eits, tapi tenang aja sekarang sunat tidak lagi menggunakan jarum suntik. Sudah ada teknologi canggih bernama needle free injection, sehingga pemberian anastesi tak lagi menggunakan jarum.

Alatnya bernama Comfort in berasal dari Korea Selatan. Obat bius ditembakkan dengan sebuah alat ke penis dengan titik yang sama ketika menggunakan jarum suntik. Dengan bantuan pompa injektor, alat tersebut akan lebih mudah diserap dan menyebar lebih baik dibandingkan dengan menggunakan jarum suntik.

Seperti halnya pengalaman sunat anak Sinyorita, artis sekaligus penyiar radio ini mengaku dirinya sempat khawatir karena anaknya sangat takut dengan jarum suntik. Dengan hadirnya teknologi canggih pengganti jarum suntik ini, Sinyorita merasa lega.

“Aku benar-benar parno tuh karena takutnya dia loncat lah, apalah karena selama ini kalau ke rumah sakit, dia kan paling takut sama jarum suntik. Untungnya, memang nggak ada jarum suntik,” ujarnya dengan penuh kelegaan.

Praktisi Sunat

Jika membahas praktisi sunat, di Indonesia ini ada berbagai profesi yang biasanya mengerjakan sunat, seperti dukun sunat, mantri, dan dokter.

Dukun sunat merupakan sebuah istilah dalam masyarakat Betawi yang digunakan untuk menyebut tukang khitan. Banyak orang yang percaya, dukun sunat yang baik memiliki doa-doa manjur, dapat menghipnotis anak supaya tidak takut sunat sampai tidak mengeluarkan banyak darah.

Sementara mantri adalah  sebuah tingkatan dalam sistem pemerintahan zaman dulu yang merupakan suatu jabatan untuk perawat senior yang sudah mampu membimbing beberapa perawat.

Pernah mendengar istilah dokter sunat? Secara kompetensi medis, dokter sunat masuk dalam kompetensi dokter umum. Sunat merupakan tindakan bedah minor yang di kuasai dokter dokter umum di Indonesia.

Nah, dengan siapa Anda sunat? Saat ini sunat dilakukan oleh dokter karena sunat sendiri termasuk tindakan medis dan secara kompetensi, dokterlah yang mampu melakukannya. Untuk beberapa kasus, sunat harus dilakukan oleh dokter spesialis bedah, seperti pada kasus anak gemuk yang proses sunatnya agak sulit.

Tempat Sunat

Sudah banyak fasilitas kesehatan yang menyediakan jasa sunat. Saat ini sunat ternyata tidak hanya dilakukan di fasilitas kesehatan saja tapi juga dapat dilakukan di rumah. Bukannya dulu juga bisa dilakukan di rumah? Nah, tentunya ada perbedaan dilakukan di rumah zaman dulu dan sekarang.

Sekarang, sunat dilakukan di rumah dengan tentunya memperhatikan kondisi rumah yang harus bersih dan steril. Praktisi sunat yang datang adalah dokter yang didampingi oleh perawat. Alat yang digunakan juga merupakan peralatan medis yang bersih dan steril. Terlebih lagi seperti saat ini di tengah pandemi, tenaga medis yang datang ke rumah tentunya harus dilengkapi dengan APD yang sesuai standar medis.

Pengalaman Sunat di Rumah

Berdasarkan pengalaman sunat para anak artis ini, ternyata sunat di rumah bisa menjadi solusi sunat yang aman dan nyaman di tengah pandemi. Sudah banyak artis yang memilih melakukan sunat di rumah, seperti Citra Kirana, Tantri “KOTAK” , Ryana Dea, Faank vokalis WALI, Ricky Harun, Sinyorita, ustadz Hanan Attaki, Chika Waode, dan masih banyak lagi.

“Kita pilih sunat di rumah karena lagi mengurangi aktivitas di luar rumah ya, selain itu ternyata tenaga medis yang datang juga dilengkapi dengan APD, menjalankan protokol kesehatan dan alat-alat sunat yang digunakan sekali pakai,” cerita Ryana.

Selain lebih nyaman dan aman, ternyata sunat di rumah lebih praktis. Tidak perlu terjebak macet, tinggal tunggu di rumah, dan setelah sunat sang anak dapat langsung istirahat di kamarnya.

baca juga: cara sunat zaman old vs zaman now

 

Jadi, bagaimana tertarik kah Anda? jika iyam Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki layanan sunat di rumah. Deretan para artis yang disebutkan di atas menggunakan jasa layanan sunat di rumah milik Rumah Sunat dr. Mahdian.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang