Apa Saja Persiapan Khitan Anak Berkebutuhan Khusus?

Khitan wajib hukumnya bagi laki-laki beragama Islam. Pada anak berkebutuhan khusus, khitan bisa menjadi sulit dan berisiko dilakukan. Anak berkebutuhan khusus, terutama penyandang autisme atau pun ADHD (gangguan perilaku dan pemusatan perhatian), sulit untuk tenang.

Padahal dalam prosedur khitan, anak harus tenang dan tidak banyak bergerak. Jika anak terus bergerak atau memberontak, kemungkinan ada risiko komplikasi saat proses khitan, seperti  penisnya tergores benda tajam.

Dalam menangani khitan anak berkebutuhan khusus, perlu dilakukan dengan hati-hati dan ditangani oleh tenaga medis berpengalaman. Itulah sebabnya pada kasus seperti ini harus menggunakan metode khusus.

Persiapan Khitan Anak Berkebutuhan Khusus

Ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan, sebelum mengkhitankan anak. Hal ini perlu untuk mengurangi risiko yang kemungkinan dapat terjadi. Berikut persiapan yang dapat dilakukan:

1. Konsultasi riwayat kesehatan

Konsultasi penting untuk dilakukan dengan dokter anak. Pastikan anak dalam kondisi sehat secara fisik dan jika ada riwayat penyakit, alergi, atau kelainan darah harus dilaporkan pada dokter yang akan melakukan khitan.

Setelah itu bawa anak ke klinik khitan yang percaya, saat konsultasi. Salah satu manfaatnya adalah membuat anak mengenal klinik dan dokter yang akan melakukan tindakan khitan. Saat konsultasi ini, dokter akan menentukan metode khitan yang cocok untuk anak

2. Pastikan pilih klinik khitan terpercaya

Tentu saja penting sekali untuk memilih klinik khitan terpercaya. Saat ini banyak sekali klinik khitan yang memberikan layanan khitan untuk semua kondisi. Namun, orangtua harus berhati-hati, dengan hanya memastikan klinik khitan yang memang kompeten dan memiliki tenaga medis berpengalaman untuk melakukan tindakan khitan khususnya pada anak berkebutuhan khusus.

Rumah Sunat dr. Mahdian memiliki layanan khitan anak berkebutuhan khusus yang dilakukan oleh dokter berpengalaman.

3. Memilih metode sunat yang tepat

Selain memilih tempat khitan terpercaya, orangtua perlu juga mencari tahu metode apa yang digunakan. Ada berbagai jenis metode khitan mulai dari metode khitan Mahdian klem sampai dengan gun stapler. Agar merasa lebih yakin lagi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter metode apa yang cocok digunakan untuk anak berkebutuhan khusus.

4. Memilih menggunakan layanan Sunat di Rumah

Agar anak dapat merasa lebih nyaman, mungkin orangtua dapat memilih menggunakan layanan Sunat di Rumah. Salah satu klinik khitan yang memiliki layanan ini adalah Rumah Sunat dr. Mahdian. Layanan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan ekstra bagi pasien khususnya anak berkebutuhan khusus. Mereka tidak perlu antre jika datang ke klinik, akan lebih tenang karena tidak mendengar suara tangisan anak lain. Selain memberikan kenyamanan bagi anak, layanan ini juga memudahkan orangtua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang