mk plus mkplus

Sunat Cincin? Emang Ada? Yuk Cari Tahu, Ayah Bunda!

Sunat cincin menjadi salah satu metode sunat yang ada di Indonesia dan termasuk ke jenis sunat atau khitan konvensional. Selain sunat cincin, tentunya juga ada metode lainnya seperti metode modern Mahdian Klem, Gun Stapler dan laser yang cukup sering digunakan di Indonesia.

Prosedur Sunat Cincin

Sunat cincin adalah prosedur pengangkatan kulup dengan melibatkan cincin plastik yang ditempatkan antara kepala penis dan kulup. Prosedurnya bisa dilakukan dengan tiga metode, yaitu metode gomco, splastibell, dan mogen. Ketiga prosedur ini cukup mirip walau tidak sepenuhnya sama.

Cincin plastik tetap pada penis sampai kulup jatuh secara alami dalam 7-10 hari. Selama waktu ini, warna kulup akan menjadi menggelap. Nah, proses ini akan membuat penis mengalami pembengkakan dan memar pada area penis. Penis juga mungkin akan mengeluarkan cairan berwarna kuning. Namun, penis akan sembuh dan kembali normal dalam waktu beberapa hari.

Pada dasarnya apapun pilihan metode sunatnya  tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ada baiknya, mendiskusikan dengan dokter untuk menentukan prosedur mana yang baik untuk dilakukan.

Kenapa Laki-Laki Harus Sunat?

Selain sebagai kewajiban dalam menjalankan perintah beragama dalam Islam tapi juga karena kesehatan. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dalam dunia medis, telah diketahui jika sunat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Sunat merupakan sebuah prosedur bedah untuk memotong atau menghilangkan lapisan kulit yang menutupi kepala penis. Pada anak yang belum menjalani sunat mudah sekali terjadi penumpukan kotoran di penisnya. Apalagi, jika orang tua tidak teliti dalam membersihkan penis si Kecil. Bakteri yang berkembang inilah yang bisa saja menyebabkan balanitis semakin parah sehingga menjadi infeksi yang berbahaya bagi kesehatan si Kecil. Maka dari itu, dokter biasanya menyarankan anak melakukan sunat sedini mungkin.

Apa Saja Manfaat Sunat?

  • Dapat menurunkan risiko tingkat  infeksi saluran kemih (ISK). Studi membuktikan sunat bisa mencegah risiko terkena ISK. Gejalanya bisa berupa mengalami  kesulitan saat buang air kecil atau terasa nyeri saat buang air kecil. Segeralah sunat untuk mengatasi penyakit ini.
  • Berkurangnya risiko terkena penyakit menular seksual. Kebersihan dan kesehatan penis yang terjaga bisa menghindarkan dari penyakit menular seksual yang berbahaya seiring bertambahnya usia anak.
  • Bisa memberikan perlindungan terhadap kanker penis dan risiko rendah terkena kanker serviks pada pasangan wanita.
  • Dapat mencegah penyakit fimosis (kondisi saat kulup menempel di kepala penis terlalu erat) dan balanitis (peradangan pada kepala penis)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang