Sunat Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Sunat tak hanya wajib menurut ajaran agama Islam, tetapi juga memberikan pelajaran bagi anak-anak bagaimana mencegah suatu penyakit sejak kecil. Terutama penyakit yang menjangkiti penis, salah satunya infeksi saluran kemih. Sebab, jika tidak dilakukan sejak kecil, akan sulit dilakukan pengobatan apabila terjadi pada saat dewasa.

Mungkin kasus yang menimpa anak artis Fairuz A Rafiq bisa dijadikan pelajaran. Anaknya yang saat itu berusia empat tahun, menderita infeksi saluran kemih, sehingga harus disunat lebih awal.

Apa Itu Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi saluran kemih, adalah infeksi pada salah satu bagian dari sistem urin, ginjal, kandung kemih, atau uretra yang disebabkan oleh masuknya bakteri ke saluran kemih melalui lubang kencing.  Biasanya ditandai dengan gejala berupa, demam, nyeri saat buang air kecil dan darah pada urin.

 Sunat Bantu Kurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Salah satu manfaat sunat adalah mengurangi risiko infeksi saluran kemih. Infeksi tersebut dapat menimpa laki-laki dewasa dan anak-anak. Bahkan anak-anak belakangan mengalami hal itu. Ini karena anak-anak tidak terbiasa atau tidak tahu harus menarik kulup penis sewaktu-waktu untuk membersihkan bagian dalam penis.

Infeksi saluran kemih bisa terjadi karena penis masih tertutup oleh kulup. Banyak laki-laki dewasa, terutama yang belum menikah, membiarkan penis tetap tertutup oleh kulup dalam jangka waktu lama.

Kulit penis yang tertutup oleh kulup akan berbahaya. Sebab, masih banyak sisa air kencing yang terkumpul di sekitar kulup. Lama-kelamaan di dalam kulup akan tumbuh kuman seperti bakteri dan jamur. Jika dibiarkan jamur bisa merusak jaringan penis, baik di kulit dan jaringan di dalamnya. Lama-kelamaan kuman-kuman penyakit itu merembet ke saluran kemih, sehingga terjadi infeksi saluran kemih.

Gejalanya, antara lain, nyeri pada saat buang air kecil dan demam. Lalu pipis tidak lampias atau merasa ada sisa setelah kencing, dan warna urinnya menjadi keruh dan berdarah. Kondisi ini, bagi yang sudah menikah, tentu bisa mengganggu pada saat berhubungan intim dengan pasangannya. Akibatnya laki-laki dan istrinya merasa terganggu kepuasan seksualnya.

Infeksi saluran kemih salah satunya disebabkan oleh parafimosis yang dibiarkan berlarut-larut. Kulup yang tidak kembali setelah ditarik bisa menimbulkan peradangan. Penis bisa berdarah. Saluran kemih pun ikut terpengaruh. Darah bisa keluar dari saluran kemih sebagai salah satu tanda adanya infeksi.

Oleh karenanya, untuk mencegahnya adalah dengan melakukan sunat dan membersihkan penis dengan air bersih atau sabun setelah buang air kecil. Sisa air kencing akan terbuang bersamaan dengan bilasan air bersih.

 Layanan Sunat di Rumah

Rumah Sunat dr. Mahdian kini memiliki layanan terbaru, yaitu layanan Sunat di Rumah. Salah satu keluhan orangtua ataupun anak yang akan sunat adalah ketika menunggu antrian sunat. Bukan cerita baru jika pasien sunat terkadang harus menunggu lama untuk sunat ketika musim liburan.

Melalui layanan ini, orangtua dapat membuat janji secara online melalui whatsapp khusus layanan sunat di rumah. Keberadaan layanan ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi pasien karena sunat di rumahnya sendiri dan menghindari antrean jika datang ke klinik sunat.

Keunggulan Layanan Sunat di Rumah

  • Tanpa Antre
  • Dokter ke Rumah
  • Lebih Nyaman
  • Sunat Tanpa Suntik
  • Praktis
  • Dokter Profesional
  • Menggunakan alat sunat satu kali pakai untuk menghindari risiko kontaminasi silang bakteri atau virus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang