Tasyakuran Khitan Bisa Dilakukan dengan Berbagai Cara

Tasyakuran khitan merupakan salah satu cara mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan atas kelancaran prosesi khitan yang telah dilakukan oleh anak.

Tasyakuran berasal dari bahasa Arab. Secara istilah, tasyakur adalah kegiatan bersyukur dan berterima kasih kepada Allah SWT. Biasanya, tasyakuran dilakukan secara bersama-sama, seperti bersama kerabat, tetangga, dan teman-teman dekat. Sebagai  salah satu bentuk syukur, acara ini pun diisi dengan pengajian atau doa bersama. Secara budaya turun-temurun, tasyakuran juga dilengkapi dengan acara makan bersama.

Tasyakuran Khitan

Setelah anak selesai menjalani proses khitan, biasanya orangtua akan ‘merayakan’ atau tasyakuran khitan anak. Di Indonesia acara ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik secara tradisional dengan mengikuti adat istiadat (arak-arakan). Maupun modern dengan mengadakan acara seperti pesta.

Biasanya, tasyakuran khitan ini berisi acara dengan doa khitanan, ceramah, mengundang keluarga, kerabat, dan anak yatim, sesuai dengan kemampuan setiap individu.

Khitan merupakan syariat Islam, biasanya keluarga yang beragama Islam akan mengadakan syukuran dengan melakukan pengajian yang diisi dengan doa khitanan dan juga ceramah. Berikut adalah doa yang dipanjatkan selama walimah khitanan.

Baca Juga: TASYAKURAN KHITAN DENGAN MENGADAKAN SUNATAN MASSAL

Doa Selesai Khitan

اَللهم وَفِّقْنَا  ِلاجْتِلاَبِ الْفَضَائِلِ وَجَنِّبْنَا مِنْ اِقْتِرَاحِ الرَّذَائِلِ. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اَعْذَارَنَا وَسَلِّمْ اُمُوْرَنَا وَصَحِّحْ مَخْتُوْنَنَا وَاقْضِ دُيُوْنَنَا وَبَلِّغْ اَمَالَنَا وَوَسِّعْ اَرْزَاقَنَا وَجُوْدِكَ يَاجَوَّادُ. اَللهم اِنَّا نَسْئَلُكَ السَّلاَمَ وَالْعَافِيَةَ عَلَيْنَا وَعَلَى الْحُجَّاجِ وَالْغُزَاةِ وَالْمُسَافِرِيْنَ مِنْ اُمَّةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَجْمَعِيْنَ فِيْ بَرِّكَ وَبَحْرِكَ اِنَّكَ عَلى مَا تَشَاءُ قَدِيْرٌ يَا نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ. سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami pertolongan untuk memperoleh keutamaan-keutamaan dan jauhkan kami dari melakukan hal-hal yang hina. Ya Allah terimalah khitan kami, selamatkanlah urusan-urusan kami, sembuhkanlah dari sakit (karena khitan) ini, bayarkanlah hutang-hutang kami, jadikanlah (kenyataan) cita-cita kami, lapangkanlah rezeki kami dengan kemurahan-Mu, wahai Dzat Yang Maha Memberi. Ya Allah, semoga Engkau beri keselamatan kepada kami, kepada orang-orang yang beribadah haji, kepada orang-orang yang berperang (di jalan Allah), dan kepada para musafir, yaitu semua umat Muhammad SAW yang ada di darat maupun di laut. Sesungguhnya Engkau berkuasa terhadap apa yang Engkau kehendaki, wahai sebaik-baik majikan dan sebaik-baik penolong. Maha Suci Allah, Tuhan yang memiliki kesucian dari segala sifat rendah yang mereka (orang kafir) lekatkan. Dan kesejahteraan bagi para utusan Allah, dan segala puji hanya milik Allah, Tuhan semesta alam.”

 

Nah, untuk Ayah Bunda yang mau mengadakan tasyakuran khitan dan bingung untuk mengelola acaranya tak perlu khawatir. Rumah Sunat dr. Mahdian menyediakan jasa EO atau Event Organizer bernama MDH Organizer yang siap membantu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang