Waktu yang tepat untuk sunat anak

Anak Anak Sunat, Umur Berapa Idealnya?

Anak anak sunat biasanya dilakukan ketika mereka memasuki usia 7 tahun. Dari sudut pandang orangtua, pada usia tersebutlah anak-anak siap untuk sunat. Padahal, sebenarnya tidak ada patokan harus usia berapa mereka melakukan sunat. Bahkan dari sudut pandang medis, beberapa ahli berpendapat sunat sebaiknya dilakukan saat usia bayi. Nah, untuk lebih jelasnya simak tulisan berikut ini.

Usia yang Dianjurkan untuk Sunat

Berdasarkan hasil penelitian di Turki, para dokter menganalisis waktu penyembuhan setelah tindakan sunat atau dalam istilah medis sirkumsisi. Mulai dari pasca-anestesi, intervensi bedah, dan waktu keluar dari rumah sakit. Hasilnya ternyata banyak menunjukan hasil positif pada anak-anak berusia kurang dari 1 tahun. 

Dalam studi tersebut juga menghasilkan kesimpulan, jika anak anak sunat berusia kurang dari satu tahun, dapat meminimalisir risiko komplikasi akibat anestesi. Selain itu, fakta menarik lainnya adalah penyembuhan yang tergolong cepat juga bisa menghemat biaya pengobatan yang perlu orangtua keluarkan. 

Manfaat anak-anak sunat 

Sunat atau dalam bahasa medis sirkumsisi memiliki banyak manfaat positif khususnya untuk laki-laki. Berikut beberapa manfaat sunat pada laki-laki yang perlu kamu ketahui: 

  1. Kebersihan, dengan melakukan sunat, maka pria bisa lebih menjaga kebersihan organ intim mereka terutama saat dewasa. Kebersihan organ intim sangat penting karena ini bisa meminimalisir terjadinya resiko penyakit kelamin. 
  2. Mencegah fimosis. Fimosis adalah penyakit pada kulup penis yang biasa terjadi pada pria. 
  3. Menjaga kesehatan, pria dapat dengan mudah membersihkan penis setelah sirkumsisi.
  4. Mencegah penyakit infeksi saluran kencing. Penyakit ini umumnya muncul karena terjadinya penumpukan kuman pada kulup penis yang tidak disunat. 
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh, selain mencegah penularan penyakit seksual, manfaat lain dari sunat adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

Perawatan setelah sunat

Anak-anak sunat biasanya akan mengalami memar, merah dan juga bengkak pada penis. Penyembuhan ini biasanya akan berlangsung sekitar 7 – 10 hari, sedangkan pada orang dewasa biasanya memerlukan waktu setidaknya 15 hari sampai 1 bulan untuk proses penyembuhan pasca tindakan sirkumsisi. 

Sebagai orang tua ataupun keluarga perlu memperhatikan beberapa hal berikut setelah anak-anak sunat, seperti: 

  1. Pilihkan celana yang lebih longgar atau berikan sarung dengan bahan yang lembut, 
  2. Rutin melakukan cek ke dokter setelah tindakan sunat, 
  3. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang direkomendasikan oleh dokter, 
  4. Hindari aktivitas berat setelah tindakan sunat. 
  5. Pada pria dewasa, sebaiknya tidak melakukan hubungan intim setelah sunat minimal 4 sampai 6 minggu. 

Nah, agar anak anak sunat dengan nyaman, orangtua mungkin bisa memilih menggunakan layanan Sunat Di Rumah dari Rumah Sunat dr. Mahdian. Layanan ini memberikan kepada orangtua dan anak mulai dari pendaftaran samapai selesai tindakan. Tidak perlu antre, hemat biaya, hemat waktu dan tentunya sang buah hati bisa merasa nyaman.

Baca Juga: Anak Sunat di Klinik, Perlukah Pakai Masker?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

021-8242-0020

marketingklinik@gmail.com

Daftar Sekarang