manfaat khitan

Apa Manfaat Khitan dan Bagaimana Prosedurnya?

Apa saja manfaat khitan mungkin sebagian orang ada tahu bagaimana sistem bekerja, namun untuk yang belum tahu simak penjelasannya dalam artikel ini.

Pengertian khitan atau sunat adalah prosedur medis yang dilakukan untuk memotong atau membuang kulit yang menutupi ujung kepala penis atau kulup. Hingga kini, sebagian orang masih menganggap bahwa khitan adalah sebuah tradisi maupun ritual keagamaan. Jadi, bagaimana tata cara khitan dan apa saja manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

Di beberapa wilayah, khitan masih merupakan hal yang tabu. Namun, di Indonesia khitan sudah menjadi budaya dan tradisi yang turun temurun. Umumnya, memilih khitan saat masih bayi atau ketika sudah memasuki usia 6 tahun. Semakin dewasa laki-laki dikhitan, maka akan lebih berisiko pada penisnya dan proses penyembuhannya memerlukan waktu yang cukup lama.

Apa Alasan Khitan?

Sebagian orang masih memilih untuk melakukan khitan pada anak laki-laki atas dasar agama dan budaya. Namun demikian, ada alasan medis yang juga menjadi pertimbangan untuk khitan. Saat ini semakin banyak yang menyadari manfaat khitan untuk kebersihan dan kesehatan kelamin anak laki-laki.

Bahkan, laki-laki dewasa yang belum melakukan khitan, kini mulai memutuskan untuk khitan karena alasan kesehatan.

Ada beberapa penyakit yang bisa menjadi indikasi medis untuk dilakukan khitan, yaitu fimosis (kulup melekat erat di kepala penis), parafimosis (kulup tidak bisa kembali ke posisi semula) dan balanitis (pembengkakan pada ujung kepala penis).

Bagaimana Prosedurnya?

Metode khitan yang masih banyak digunakan yaitu metode konvensional, namun kini ada beberapa metode lain yang lebih modern, antara lain:

  1. Metode Klem
  2. Sunat laser
  3. Metode Stapler

Pada metode konvensional, sebelum prosedur sunat, dokter biasanya menyuntikkan obat bius lokal di area penis. Setelah itu dokter akan membuang atau memotong kulup dengan menariknya ke arah depan dengan pisau atau gunting khusus bedah.

Berbeda dengan khitan biasa, metode modern seperti Klem, laser, dan stapler lebih minim risiko pendarahan, prosesnya lebih cepat, minim nyeri dan penyembuhannya juga cepat. Untuk metode Klem, setelah khitan selesai , anak bisa langsung beraktivitas.

Apa Manfaat Khitan?

Dari sisi medis, banyak sekali manfaat khitan yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • Mengurangi risiko terkena infeksi saluran kemih yang bisa berdampak buruk pada kesehatan ginjal
  • Menjaga kebersihan penis. Bagi yang sudah khitan, memudahkan dalam membersihkan penis serta mengurangi terjadinya penumpukan kotoran di area penis.
  • Mencegah dari risiko penyakit menular seksual, seperti gonore, sifilis, herpes, dan HIV
  • Mengurangi risiko terkena kanker penis

Adakah Rekomendasi Tempat Khitan?

Jika ingin melakukan khitan, carilah tempat sunat yang telah memenuhi standar. Oleh karena itu, prosedurnya harus sesuai, tepat dan ditangani oleh dokter profesional.

Rumah Sunat dr. Mahdian menyediakan layanan sunat, mulai dari khitananak, bayi, dewasa, khitan di rumah dan khitan premium. Kami menggunakan metode modern Mahdian Klem yang minim nyeri, tanpa jahit, tanpa bius dan tanpa perban. Prosesnya cepat dan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang