sunat anak gemuk

Sunat Anak Gemuk, Benarkah Banyak yang Gagal?

Tidak semua anak laki-laki dapat menjalani proses sunat yang mudah, contohnya seperti anak gemuk yang terkadang mengalami kesulitan ketika akan melakukan proses sunat. Anak gemuk membutuhkan perhatian khusus baik menjelang sunat maupun setelah sunat.  Pemilihan metode sunat yang tepat untuk anak gemuk perlu, agar hasil sunat anak gemuk ini sesuai yang diharapkan dan menghindari kegagalan.

Sunat Gemuk Rumah Sunat Dr Mahdian

Sunat Gemuk Rumah Sunat Dr Mahdian

Sudah menjadi tradisi sejak dulu anak laki-laki melakukan sunat atau khitan. Sunat atau khitan sendiri juga bermanfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko kanker penis atau penularan HIV/AIDS.

Sunat Anak Gemuk Lebih Sulit

Berikut adalah beberapa informasi tentang sunat gemuk mulai dari upaya sebelum sunat, metode sunat, maupun perawatan setelah sunat agar hasil sunat anak gemuk seperti yang diharapkan.

  • Penis Anak Gemuk.Umumnya anak yang memiliki ukuran tubuh di atas ukuran ideal atau bisa dikatakan termasuk kategori gemuk, memiliki ukuran penis yang tampak lebih kecil daripada anak bertubuh ideal. Kondisi ini akan menyulitkan saat anak akan melakukan proses sunat.Terdapat dua kondisi penis yang dimiliki anak gemuk, seperti tertimbunnya penis (buried penis) karena penis tertutup lapisan lemak di bawah perut.Biasanya ukuran penis anak sebenarnya normal, meskipun tampak kecil. Kondisi lainnya adalah mikropenis yang memang ukuran penis di bawah rata-rata.Biasanya dokter sunat tidak langsung menyunatnya melainkan menyarankan untuk melakukan terapi hormon atau diet terlebih dahulu. Kedua kondisi tersebut selain sulit disunat juga akan memperlambat proses penyembuhan karena luka yang lama kering.
  • Haruskah Anak Gemuk Melakukan Terapi Hormon?Pada anak gemuk, biasanya dokter sunat tidak akan langsung menyunat sang anak. Biasanya mereka akan menyarankan untuk melakukan diet atau terapi hormon terlebih dahulu untuk mempermudah proses sunat. Namun, terapi hormon juga memiliki efek samping yang tidak baik bagi perkembangan anak. Dengan melakukan terapi hormon, anak akan mengalami pubertas lebih cepat dari masa umumnya.Menurut dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS  pakar sunat gemuk menyebutkan bahwa anak gemuk tidak harus melakukan terapi hormon sebelum sunat. Hal tersebut bisa diatasi dengan pemilihan metode yang tepat dalam menyunat anak gemuk, termasuk cara menyayatnya, teknik penjahitannya dan sebagainya.

klik gambar untuk konsultasi via wa

Mengenal Jenis Metode Sunat Gemuk

  • Metode Konvensional. Metode sunat yang pertama adalah metode sunat konvensional. Metode konvensional ini adalah metode menyunat dengan memotong kulit penis secara melingkar menggunakan gunting atau pisau bedah. Metode ini masih digunakan di beberapa daerah yang ada di Indonesia.Menyunat dengan menggunakan metode konvensional membutuhkan waktu sekitar 30-50 menit. Seperti biasa, setelah disunat akan dijahit dan diperban. Proses penyembuhan dengan menggunakan metode konvensional ini cukup lama.
  • Metode Klem.Metode klem merupakan metode sunat yang menggunakan tabung plastik dengan berbagai ukuran. Sehingga metode ini bisa digunakan oleh anak-anak atau orang dewasa.Tabung plastik bersifat sekali pakai. Beberapa orang memilih metode ini karena dianggap lebih nyaman tetapi ada juga yang merasa kurang nyaman menggunakan metode klem ini dikarenakan plastik akan menempel sampai luka sunat kering dan sembuh. Saat ini tidakan juga bisa dilakukan di rumah tanpa harus datang ke klinik.
  • Metode Gun Stapler.Metode sunat yang paling modern adalah metode gun stapler. Alat sunat sekali pakai ini sangat mudah pengoperasiannya. Proses sunat yang cepat, aman, tidak perlu penjahitan, penyembuhan luka yang lebih singkat, dan hasil yang memuaskan secara estetika.

Metode Sunat Anak Gemuk

Sebelum membicarakan hasil, sebenarnya apa sih metode yang paling tepat digunakan untuk anak gemuk? Rumah Sunat dr. Mahdian menggunakan metode khusus untuk sunat pada anak gemuk yang ditangani langsung oleh dokter bedah. Penggunaan metode khusus ini, memungkinkan anak gemuk tetap dapat disunat tanpa perlu melakukan diet ketat atau terapi hormon. Untuk informasi dan testimoni khitan gemuk di Rumah Sunat dr Mahdian, Anda dapat melihat video berikut ini.

Namun, disarankan kepada orangtua untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan bahwa kondisi penis anak tenggelam dan perlu menggunakan metode khusus. Hal ini dikarenakan, pada beberapa anak gemuk batang penisnya muncul sehingga dapat sunat dengan metode yang biasa digunakan pada anak dengan berat badan normal.

Hasil Sunat Gemuk

Dengan pemilihan metode yang tepat, kecemasan terhadap kegagalan hasil bisa diminimalisasi. Faktanya, sunat memiliki tingkat kesulitan yang lebih dibandingkan sunat biasa. Jika saja dalam melakukannya tidak teliti, ada risiko kulup kembali lagi dan mau tidak mau, anak perlu melakukan sunat ulang.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama proses penyembuhan, agar proses penyembuhannya lebih cepat. Sebaiknya, anak disarankan untuk menghindari aktivitas yang terlalu berat.

Apabila setelah sunat mengalami beberapa hal seperti perdarahan tidak normal, merasa nyeri yang berlebihan, luka lama tidak sembuh, segera konsultasikan dengan dokter. Pastikan juga Anda menjaga kebersihan area sekitar penis anak untuk menghindari infeksi.

klik gambar untuk konsultasi via wa

Terakhir diperbarui : 08 April 2020
Ditinjau oleh : dr. Mahdian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang