Cara Jitu Atasi Anak Nangis Akibat Tak Mau Sunat

Mau nyunatin anak tapi anak masih takut dan menangis saat mau sunat? Tenang, Anda bisa mengikuti cara jitu atasi anak nangis akibat takut sunat dalam artikel kali ini.

Sunat memang menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar laki-laki. Tak jarang, orangtua mengalami kesulitan membujuk sang anak untuk melakukannya padahal ia sudah cukup umur atau beranjak remaja.

Anak Nangis Tak Mau Sunat

Seringkali anak menangis saat sudah berada di tempat sunat. Jika sudah seperti ini, tentunya orangtua pun akan merasa khawatir dan akhirnya menyetujui untuk menunda sunat. Nah, untuk menghindari hal tersebut terjadi, maka anak perlu dibujuk dan diberikan pengertian sebelum datang ke klinik sunat tujuan.

Berikut tips yang mungkin bisa membantu para orangtua untuk membujuk anak-anaknya agar mau sunat.

  1. Berikan keyakinan pada anak

Yakinkan pada sang buah hati, bahwa ia adalah anak yang pemberani.

  1. Jelaskan tentang manfaat sunat

Bagi umat Islam, sunat hukumnya wajib bagi setiap laki-laki. Ada beberapa manfaat sunat menurut ajaran agama Islam, salah satunya adalah sunat menjadikan tubuh lebih bersih dan suci sehingga terhindar dari najis. Suci dari najis, merupakan salah satu syarat sah solat.

Selain dari sisi agama, sunat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah membantu mengurangi risiko infeksi saluran kemih yang dapat berdampak kepada masalah ginjal. Biasanya lebih sering terjadi pada anak-anak yang tidak disunat.

Baca juga: manfaat sunat dari sisi agama dan kesehatan

  1. Katakan bahwa sunat itu tidak menakutkan

Sunat yang menakutkan terjadi saat dahulu kala, sebelum belum majunya peralatan medis. Saat ini, sunat tidak lagi menggunakan benda-benda tajam yang menyeramkan. Ada namanya metode sunat Mahdian klem, bentuknya seperti tabung. Setelah sunat pun anak tetap dapat beraktivitas, mandi seperti biasa dan cara perawatannya mudah. Tidak ada yang perlu ditakutkan.

  1. Sunat sambil main games

Nah, ini merupakan salah catu cara yang dapat dilakukan sebagai upaya mengalihkan perhatian anak saat proses sunat. Katakan saja, saat sunat ia bisa bermain games. Saat ini banyak tempat sunat yang menyediakan fasilitas seperti ini baik dengan PSP, iPad, ponsel pintar dan virtual reality. Sunat jadi tidak berasa.

  1. Tidak akan disuntik

Banyak anak yang takut pada jarum suntik. Saat ini, sudah ada alat pengganti jarum suntik, yaitu needle free injection/Comfort in.

  1. Biarkan anak menentukan waktunya

Apabila anak sudah merasa setuju, biarkan ia memilih waktunya agar ia bisa menyiapkan dirinya.

Hindari Anak Nangis Saat Sunat, Sunat di Rumah

Saat anak sudah setuju untuk disunat, namun saat tiba di tempat sunat ia kembali merasa takut ketika mendengar ada anak lain yang menangis,lalu membuatnya kembali urung melakukan sunat.

Tidak menutup kemungkinan saat proses sunat berlangsung, anak akan menangis karena tegang. Apa yang harus dilakukan?

Tenang, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan layanan Sunat di Rumah. Memang ada? Tentunya. Jika Anda memilih untuk melakukan sunat di Rumah Sunat dr. Mahdian,memiliki layanan tersebut.

Mengapa Sunat di Rumah?

  1. Anak bisa lebih tenang dan nyaman jika berada di rumahnya sendiri. Tidak ada orang lain kecuali keluarga dan tenaga medis yang datang.
  2. Tidak perlu melakukan perjalanan ke klinik sunat yang memungkinkan anak tidak sengaja menyentuh luka bekas sunatnya. Di rumah, ia bisa beristirahat dengan nyaman.
  3. Tidakmerasa takut atau khawatir mendengar suara tangisan atau teriakan anak lain yang sedang disunat.
  4. Tanpa antre
  5. Lebih privasi karena berada di rumah sendiri

 

Yuk, mulai berikan pengertian kepada anak tentang sunat dari sekarang agar ia bisa menyiapkan diri terlebih dahulu sebelum sunat.

baca juga: sunat zaman now

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Jl. Raya Jatiasih No. 7, Bekasi

Informasi dan Pendaftaran

Informasi dan Pendaftaran

021-8242-0020

Email Kami

Email Kami

marketingklinik@gmail.com

Pendaftaran Online

Pendaftaran Online

Daftar Sekarang