khitan adalah

Jenis-Jenis Benjolan di Penis yang Perlu Diketahui

Benjolan di penis adalah kondisi yang tidak perlu membuat Anda khawatir. Umumnya benjolan ini bisa sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan khusus. Setiap benjolan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Namun, ada juga jenis benjolan yang berbahaya jika tidak segera mendapatkan penanganan. Simak ciri-ciri benjolan yang berbahaya da tidak berbahaya berikut ini.

Benjolan di Penis yang Berbahaya

Kutil Kelamin

Kutil kelamin memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran yang kecil bisa tidak terlihat oleh mata dan terabaikan. Benjolan kutil ada juga yang berbentuk menyerupai kembang kol. Kutil kelamin bisa muncul karena seseorang tertular penyakit seksual menular yang disebabkan oleh human papilloma virus.

Efek yang timbul akibat benjolan di penis ini adalah rasa gatal, sakit, dan tidak nyaman. Kutil kelamin bisa tumbuh dengan jumlah yang banyak atau sedikit. Penyakit ini bisa diatasi dengan salep dari apotek. Namun, jika kondisinya cukup parah, Anda bisa melakukan prosedur operasi.

Bintik Fordyce

Benjolan di penis yang satu ini memiliki warna kekuningan atau putih. Letaknya ada di ujung atau batang penis. Benjolan jenis ini tidak berbahaya jika dibiarkan. Ia juga tidak membutuhkan pengobatan atau penanganan khusus.

Pearly penile papules

Jenis benjolan di penis berikutnya adalah pearly penile papules. Benjolan ini berukuran relatif kecil dengan warna yang sama dengan warna kulit. Kita akan sering menjumpai kondisi ini pada daerah ujung penis.

Kondisi yang satu ini normal, namun sering membawa kesan menyeramkan. Benjolan ini juga bukan jenis akibat penyakit menular seksual sehingga tidak perlu khawatir.

Pearly penile papules muncul karena seseorang kurang menjaga kebersihan area alat kelaminnya. Benjolan ini bisa sembuh sendiri seiring dengan perubahan pola perilaku seseorang dalam menjaga kebersihan.

Penyakit Peyronie

Benjolan yang satu ini membawa gejala berupa rasa nyeri pada sekitar batang penis. Ciri-ciri lainnya dari penyakit peyronie adalah penis bengkok saat ereksi.

Dokter tidak akan menganjurkan untuk melakukan pengobatan jika pasien tidak merasakan sakit. Namun, jika pasien merasakan keluhan nyeri dan mengganggu aktivitas seksual, dokter akan melakukan penanganan yang sesuai dengan prosedur. Jika pengobatan biasa tidak mampu menyembuhkan penyakit peyronie, dokter akan melakukan operasi.

Lymphocele

Lymphocele merupakn benjolan di penis yang tidak menimbulkan masalah permanen. Penyakit ini muncul dengan gejala pembengkakan yang terasa keras. Pembengkakan ini muncul secara tiba-tiba pada bagian batang penis setelah melakukan aktivitas seksual atau masturbasi. 

Benjolan ini bisa terjadi karena saluran getah bening pada penis mengalami hambatan untuk sementara.

Kanker Penis

Hampir semua benjolan yang muncul pada penis bukan merupakan kondisi berbahaya. Namun, beberapa  mungkin menjadi salah satu gejala kanker penis. Benjolan di penis yang muncul pada bagian batang atau ujung bisa menjadi tanda kanker penis.

Kanker penis juga memunculkan gejala lain, seperti kemerahan dan ruam pada penis, perubahan warna kulit penis, benjolan di penis yang berkerak, serta adanya cairan berbau tidak sedap di bawah kulit kepala penis.

Untuk memastikan apakah kanker atau bukan, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Kista Penis

Kista pada penis adalah kantong yang isinya cairan dan terasa keras saat diraba. Benjolan kista umumnya tidak berbahaya dan tidak menimbulkan rasa nyeri. Kista penis bisa terjadi karena adanya sumbatan minyak pada kulit penis. Beberapa penyakit menular seksual bisa menimbulkan kista penis.

 

Sekarang Anda tidak perlu khawatir mendapati benjolan muncul pada penis. Secara umum benjolan tersebut tidak berbahaya, kecuali benjolan yang membawa gejala lain, seperti nyeri, kemarahan, dan adanya bau tidak sedap. Jagalah kebersihan alat kelamin supaya benjolan tidak sering muncul.

Baca Juga: Penis Bengkak, Ternyata Ini yang Terjadi!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang