makanan untuk anak sunat biar cepat kering

Mikropenis dan Risiko Sulit Untuk Sunat

Dalam dunia sunat, terdapat beberapa kondisi penis yang berbeda pada anak ketika hendak melakukan sunat, seperti mikropenis dan burried penis. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa anak sulit untuk disunat. Kedua kondisi ini sering masyarakat awam anggap sama, namun pada faktanya kedua kondisi adalah dua hal yang berbeda.

Mikropenis adalah kondisi di mana ukuran penis anak lebih kecil dari ukuran rata-rata. Normalnya, panjang penis anak laki-laki  yang baru lahir minimal berukuran 2,5 cm. Ketika menginjak usia 6 bulan, panjangnya minimal 3 cm. Dan akan terus bertambah sesuai umur.  Jika ternyata kurang dari ukuran tersebut, anak tersebut memiliki kemungkinan mengalami mikropenis.

Penyebab Mikropenis

Terdapat beberapa faktor penyebab mikropenis seperti, kelainan hormon, sindrom tertentu yang berkaitan dengan kelainan bawaan. Selain itu juga bisa karena kelainan susunan saraf pusat sampai penyebab yang tidak diketahui, hingga bagian dari Disorder of Sex Development (DSD). Jika faktor yang yang memengaruhi adalah hormonal maka akan terjadi penghambatan terhadap kerja androgen khususnya testosteron dan dihidrotestosteron. Hal ini akan bertanggung jawab pada perkembangan organ kelamin luar dan perkembangan karakteristik sekunder pria.

Jika merupakan bagian dari sindrom atau kondisi yang lebih kompleks, seperti Sindrom Kallman, Sindrom Klinefelter, atau gangguan perkembangan jenis kelamin. Pada kondisi ini biasanya ada  masalah medis lainnya lain yang menyertai, seperti kelamin ganda, testis tidak turun, hipospadia.

Mikropenis, Sulit Sunat?

Masalah lainnya yang dapat dialami oleh anak yang memiliki mikropenis adalah sulit untuk sunat. Pada anak yang memiliki mikropenis biasanya akan sebaiknya untuk melakukan terapi hormon. Terapi hormon akan membantu anak percepatan pubertas. Namun, melakukan terapi hormon dapat menimbulkan risiko tinggi. Akibat dari terapi hormon dapat berupa, mengalami pubertas dini, pertumbuhannya juga dapat terganggu karena terapi hormonal tidak bisa hanya satu kali. Namun, harus melakukannya sekitar tiga kali selama 25-50 hari.

Ketika proses sunat dokter perlu menekan kulit di sekitar penis agar kepala penis dapat terlihat. Namun, akan sedikit menyakitkan sehingga banyak dokter tidak berani melakukan hal ini karena anak tentu akan memberontak kesakitan. Oleh karena itu, tidak sedikit anak yang mengalami mikropenis kesulitan mencari tempat sunat yang aman.

Rumah Sunat dr. Mahdian , merupakan pusat pelayanan sunat anak hingga dewasa yang memiliki layanan sunat gemuk. Sunat gemuk ini untuk anak-anak yang mengalami mikropenis dan mengalami burried penis. Layanan sunat gemuk di Rumah Sunat dr. Mahdian tanpa harus melakukan terapi hormon ataupun diet ketat. Selain itu, juga ditangani oleh dokter sepsialis bedah dengan menggunakan metode khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Jl Taman Margasatwa Raya No 14 Rt 6/Rw 1, Ragunan, Jati Padang, Ps. Minggu, DKI Jakarta 12550.

0811-1661-005

rumahsunatanmarketing@gmail.com

Daftar Sekarang